andi seti DEALER PARABOLA Digital: Pojokseti : KEJAWEN - Filosofi Isi Sesajen
|

Pojokseti : KEJAWEN - Filosofi Isi Sesajen

SESAJEN merupakan sebuah keharusan yang pasti ada dalam setiap acara bagi orang yamg masih teguh memegang adat Jawa. Penyebutan sesajen biasanya bermacam-macam, ada yang di sebut dengan Dang Ayu dan ada yang disebut dengan Cok Bakal. Namun pada dasarnya inti dan tujuannya sama.

Banyak orang yang mengartikan sesajen mengandung arti pemberian sesajian-sesajian sebagai tanda penghormatan atau rasa syukur terhadap semua yang terjadi dimasyarakat sesuai bisikan ghaib yang berasal dari paranormal atau tetuah-tetuah. Sehingga  warisan budaya Hindu dan Budha ini dianggap sebagai suatu kemusyrikan. Sebelum menilai demikian, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu arti simbol-simbol atau siloka kearifan lokal ini.
  1. Padi, gabah, beras, dan nasi (tumpeng): melambangkan ketuntasan dan kesempurnaan. Artinya, jika melakukan sesuatu harus dengan tuntas dan tidak setengah-setengah. Sedangkan tumpeng berasal dari kata tumungkulo sing mempeng, artinya jika kita ingin selamat, hendaknya kita selalu rajin beribadah.
  2. Urap: artinya jika selama hidup harus mempunyai arti bagi sesama, lingkungan, agama, bangsa dan negara. Bisa diartikan bahwa, dalam bermasyarakat harus bisa berbaur dengan siapa saja agar hidup tentram.
  3. Bubur panca warna: bubur beras merah, ketan hitam, bubur jagung, ketan putih, kacang hijau. Ditempatkan di empat penjuru mata angin, satu di tengah. Melambangkan elemen alam (air, api, udara, tanah, dan angkasa)
  4. Jajanan pasar: menggambarkan kerukunan walaupun ada perbedaan, tenggang rasa.
  5. Pisang raja gandeng: pisang raja menyimbolkan agar cita-cita kita senantiasa luhur, sehingga dapat membangun bangsa dan negara.
  6. Ayam ingkung: melambangkan pengorbanan selama hidup, cinta kasih terhadap sesama juga melambangkan hasil bumi (hewan darat)
  7. Ikan bandeng atau ikan asin (berduri banyak): melambangkan rejeki berlimpah, ikan teri (yang hidupnya bergerombol) melambangkan kerukunan
  8. Telur: melambangkan asal mula kehidupan yang selalu berasa dari dua sisi yang berlainan seperti warna telur kuning putih, di antaranya laki-perempuan, siang-malam, dll.
  9. Air di gelas dan bunga: melambangkan air minum yang menjadi kebutuhan hidup manusia
  10. Kopi pahit: melambangkan elemen air namun bukan suatu minuman pokok (kebutuhan sekunder), dan menjadi minuman persaudaraan bila ada perkumpulan/pertemuan.


Support By : HOLDING COMPANY ONLINE  -  andiseti
From : (Diantika PW/CN27) ;  SUARA MERDEKA CYBERNEWS .:KEJAWEN - Filosofi Isi Sesajen  ;  Shared via Indonesia News for Android.

Klik..!! :
Posted by Andi Setiawan on 07.54. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Pengikut

Mengenai Saya

Foto saya

Andi Setiawan bring the happiness into your life and get financial freedom with Internet Marketing. Ride your job with business online. Find the secret its in Holding Company. at Jl. Bukit Anyelir V No.303 Semarang 50272 Indonesia Phone : (024) - 7091.2044 mobile +6281.326.21.3306 e-mail : admin@andiseti.com

Berminat Menjadi Reseller / Sub Dealer

E-mail :
Nama :
No. Hp :
Kota :

konfirmasi akan terkirim

ke alamat email Anda

Recently Commented

Recently Added