andi seti DEALER PARABOLA Digital: Pojokseti : Planet Lautan tanpa daratan
|

Pojokseti : Planet Lautan tanpa daratan

PERNAH menonton film Waterworld tentang Bumi yang telah direndam air dan diperankan Kevin Costner? Ternyata, planet seperti itu terbukti ada.

Baru-baru ini, para ilmuwan telah menemukan tipe terbaru planet asing yakni planet lautan tanpa daratan yang lebih besar dari Bumi tetapi lebih kecil dari Uranus.

Planet itu dinamai GJ 1214b. Astronom pertama kali menemukannya pada Desember 2009. Pengamatan terkini oleh Hubble Space Telescope milik NASA menunjukkan bahwa GJ 1214b adalah planet air dengan atmosfer tebal dan beruap.

"GJ 1214b tidak seperti planet yang pernah kami tahu," terang pemimpin studi Zachory Berta dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics di Cambridge, Massachusetts. "Sebagian besar massanya terdiri dari air."

Sampai saat ini, para astronom telah menemukan lebih dari 700 planet di luar tata surya kita. Di luar itu, sekitar 2.300 planet masih menunggu konfirmasi dengan tindak lanjut pengamatan yang lebih dalam.

GJ 1214b terletak sekitar 40 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Ophiuchus. Ini disebut juga Super-Earth dengan diameter sekitar 2,7 kali dan berat hampir 7 kali Bumi. (space.com/OL-5)


Support By : HOLDING COMPANY ONLINE  -  andiseti  Arsipkan berita di : POJOKSETI
From : Media Indonesia Mobile : Shared via Indonesia News for Android.

Klik..!! :
Posted by Andi Seti on 08.03. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

Pengikut

Blog Archive

Berminat Menjadi Reseller / Sub Dealer

E-mail :
Nama :
No. Hp :
Kota :

konfirmasi akan terkirim

ke alamat email Anda

Recently Commented

Recently Added